LAPORAN HASIL OBSERVASI ASPEK PEMASARAN PADA PRODUK CILOK








A.    Pengertian Cilok
Cilok berasal dari gabungan kata kata “aci” dan “dicolok”. Dinamakan demikian dikarenakan bahan utamanya adalah tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci, dan biasanya dihidangkan dengan cara dicolok. Cilok merupakan sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi. Tidak hanya sebagai makanan ringan yang enak, sekarang ini cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah, dan rata-rata berjualan di sekitar sekolah, kampus, dan pabrik.
B.     Peluang usaha
Usaha menjual cilok merupakan sebuah usaha yang dapat memberikan keuntungan dalam jumlah besar. Usaha cilok mudah dijalankan dengan modal yang tidak besar. Usaha cilok juga laris manis dipasaran sehingga usaha ini memiliki prospek yang baik. Usaha cilok menjadi suatu pilihan usaha jajanan sederhana yang menjanjikan hingga banyak orang yang tertarik menekuni usaha tersebut. Peluang untuk usaha jajanan cilok goreng masih terbuka lebar serta sangat menguntungkan oleh siapa saja.

C.    BAURAN PEMASARAN
Menurut Philip Kotler (2005:17) pengertian bauran pemasaran adalah Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus- menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.

1.      Product àMenurut Kotler yang dikutip oleh Ratih Hurriyati (2005:50) pengertian produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, digunakan atau dikonsumsi pasar sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
Dengan produk cilok yang  akan dipasarkan, menurut survey pada beberapa konsumen cilok, didapatkan data bahwa cilok yang tergolong enak memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
a. Cilok yang bahan bakunya lebih banyak menggunakan daging
b. Tekstur cilok yang kenyal bila dimakan
c. Menggunakan saos/bumbu kacang
d. Terdapat variasi gorengan yang gurih dalam cilok













2.     
Berdasarkan survey pada konsumen cilok, harga tidak mempengaruhi mereka untuk membeli cilok dalam artian mereka akan tetap membeli cilok berapapun harganya, karena pada dasarnya harga cilok keliling yang ada di Jember tidak begitu jauh perbedaannya. Selain itu, untuk pembelian cilok biasanya konsumenlah yang menentukan berapa harga cilok yang ingin dia beli dengan kombinasi isi cilok sesuai dengan keinginannya. Kebanyakan konsumen lebih memikirkan rasa dari cilok daripada harga dari cilok.



Price àMenurut DR. Buchari Alma (2007:169) pengertian Price (Harga) adalah nilai suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang.  Harga merupakan satu-satunya dari unsur bauran pemasaran (marketing mix) yang menghasilkan pendapatan sementara unsur-unsur lainnya menimbulkan biaya.







3.      Place àMenurut Ratih Hurriyati (2005:55) untuk produk industri manufaktur place di artikan sebagai saluran distribusi (zero channel, two channel, dan multilevel channels), sedangkan untuk produk industri jasa, place diartikan sebagai tempat pelayanan jasa. 
Tempat ini sangat ditentukan dengan cermat dalam berdagang cilok. Konsumen menginginkan pedagang cilok yang mempunyai area berdagang yang tetap agar mudah ditemukan dan ramai (misal di pinggir jalan). Harus benar-benar berada ditempat yang strategis guna mencapai target yang tinggi.
 








4.      Promotion à Menurut Buchari Alma yang dikutif oleh Ratih Hurriyati (2005:57) Promotion (Promosi) adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Promosi cilok dapat dilakukan  dengan beberapa cara seperti berikut :
a.       Delivery Order à untuk konsumen yang terhalang kondisi (seperti sibuk atau sedang malas keluar rumah) dan cuaca tidak mendukung
b.      Buy 1 get 1 àkonsumen mendapatkan bonus tambahan cilok jika telah membeli cilok sebesar harga tertentu (misalnya membeli satu porsi cilok seharga Rp. 10.000,- gratis satu porsi cilok seharga Rp. 5.000,-)
c.       Testimoni à sebelum membeli konsumen ingin mencicipi terlebih dahulu bagaimana rasa cilok tersebut agar tidak menyesal nantinya bila cilok yang dijual tersebut tidak sesuai dengan lidah konsumen (karena setiap konsumen memiliki selera yang berbeda jika bicara tentang rasa makanan)
 
















5.      People àMenurut Zeithaml and Bitner yang dikutip oleh  Ratih Hurriyati (2005:62) pengertian people adalah semua pelaku yang memainkan peranan dalam penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli.
Untuk penjual cilok tidak ada kriteria khusus yang ditetapkan oleh konsumen. Namun, akan lebih baik lagi jika seorang pedagang cilok memiliki beberapa ciri dibawah ini :
a.       Pedagang cilok yang berpakaian bebas rapi (jika pedagang cilok tersebut berjualan dipinggir jalan), ramah, sabar, cekatan dan wangi.
b.      Pedagang cilok yang berseragam, (jika pedagang cilok yang sudah memiliki tempat usaha seperti Cipok Jember), ramah, sabar, cekatan dan wangi.

 










6.      Process àMenurut Zeithaml and Bitner yang dikutif oleh  Ratih Hurriyati (2005:50) pengertian Proses adalah semua procedure actual, mekanisme, dan aliran aktifitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa.
Keinginan atau kebutuhan konsumen terwujud à Jika dalam hal sudah lebih banyak menggunakan daging pada bahan baku pembuatan cilok, maka jangan sampai ada pengurangan bahan baku yang sudah ada tersebut meskipun harga daging atau bahan baku lainnya juga melonjak menjadi mahal. Karena jika bahan baku cilok tersebut dikurangi mengakibatkan kualitas yang ada pada cilok tersebut menurun dan konsumen pasti sangat kecewa dan sangat tidak menyukai hal tersebut karena rasanya berbeda dari yang sebelumnya (waktu menggunakan lebih banyak daging).

 












7.     
Untuk Physical Evidence dari cilok yang membuat cilok dikenal oleh masyarakat yaitu pedagangnya berjualan dengan menggunakan gerobak kaca yang menampilkan bulatan-bulatan kecil yang memperlihatkan bahwa itu cilok beserta bahan pelengkap (seperti gorengan dan tahu) ditambah dengan bunyi “telolet” dari alat seperti klakson yang menarik perhatian.


Physical Evidence àMenurut Zeithaml and Bitner yang dikutif oleh  Ratih Hurriyati (2005:63) pengertian Physical Evidence (sarana fisik) ini merupakan suatu hal yang secara turut mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk jasa yang di tawarkan.







Gambar 1. Cilok Pelangi

Gambar 2. Cilok Biasa
D.    STRATEGI PEMASARAN
Menurut Philip Kotler Strategi pemasaran merupakan pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan, bisa mengenai startegi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran.
1.        SEGMENTATION

Menurut Solomon dan Elnora (2003:221), segmentasi adalah ”The process of dividing a larger market into smaller pieces based on one or more meaningful, shared characteristic”. Dengan melaksanakan segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
 






Cilok dapat dijual pada segala daerah dan tempat dimana saja, baik dalam ruangan maupun luar ruangan, itu dikarenakan cilok dapat dinikmati oleh semua kalangan, usia, jenis kelamin, golongan dan lainnya kecuali untuk orang sakit dan bayi. Tidak ada batasan bahwa konsumen cilok harus kelas menengah bawah atau bahkan menengah atas, semua orang bisa menikmati produk cilok ini.





 



















2.        TARGETING

Menurut Solomon dan Elnora (2003:232), Target market ialah ”Group that a firm selects to turn into customers as a result of segmentation and targeting”. Setelah pasar dibagi-bagi dalam segmen-segmen, maka perusahaan harus memutuskan suatu strategi target market. 




Untuk target pasar cilok ini dalam mencapai keuntungan yang tinggi yaitu dari konsumen rata-rata anak sekolahan, mahasiswa, orang dewasa dan bahkan semua kalangan karena cilok itu merupakan suatu makanan yang memang enak, unik dan selalu dicari oleh semua orang. Kita juga dapat melakukan banyak hal dalam melalukan target pemasarannya dengan kecanggihan teknologi pada era zaman sekarang ini. Kita tidak mungkin hanya berjalan di tempat saja. Banyak sekali sekarang menjual berbagai produk makanan dengan sistem Delivery Order, dulu yang sering kita temui pedagang cilok keliling dengan ciri khas suara teloletnya, dan si pedagang cilok biasanya menggunakan payung besar untuk melindungi gerobaknya saat terik matahari atau terguyur hujan. Sekarang pedagang cilok bisa menetap disebuah tempat dan menghias tempatnya dengan sedemikian rupa sehingga kita juga nyaman jika makan disana ada ruangan bernuansa menarik,  bahkan penjual menggunakan sosial media untuk mencapai target pasarnya yang lebih tinggi sehingga penjualan meningkat.
 






















3.      POSITIONING

Menurut Solomon dan Elnora (2003:235), Positioning ialah “Developing a marketing strategy aimed at influencing how a particular market segment perceives a good or service in comparison to the competition”. Penentuan posisi pasar menunjukkan bagaimana suatu produk dapat dibedakan dari para pesaingnya. Ada pula definisi lain yaitu, posisi produk adalah tempat yang diduduki produk relatif terhadap pesaingnya dalam pikiran konsumen, pemasar ingin mengembangkan posisi pasar unik bagi produk mereka.


 







                                                                                                                                
Cilok memposisikan diri sebagai cemilan yang dapat divariasikan, misal seperti membuat cilok crispy yaitu gabungan dari cilok yang digoreng dan diberi sensasi crispy-crispy (dalam cilok tersebut sudah ada rasa cilok dan gorengan crispy) dan untuk bumbu kacangnya lebih bervariasi, misal untuk cilok crispy menggunakan tambahan saos dan mayones. Untuk menciptakan variasi unik baru lagi mungkin kita bisa memproduksi tidak hanya ada varian rasa cilok gurih saja namun juga ada varian rasa cilok manis. Dalam arti pada cilok tersebut isinya ada coklatnya atau ubi ungu, umumnya biasanya cilok yang ukuran sedang diisi telur puyuh tetapi ini berbeda.
 










4.        DIFFERENTATION

Menurut Kotler (1997), Diferensiasi adalah tindakan merancang satu set perbedaaan yang berarti untuk membedakan penawaran perusahaan dari penawaran pesaing.
 


                                                                                                                                        

Dalam segi diferensiasi produk, produksi cilok ini menggunakan komposisi bahan yang sehat, aman dikonsumsi dan higenis, sehingga cilok itu memiliki daya tahan yang lebih lama, tekstur kekenyalan ciloknya terasa dan tidak keras. Banyak sekali pedagang yang tidak jujur dalam melakukan suatu produksi makanan. Dengan ini kita harus lebih menekankan tingkat kejujuran dalam proses pembuatan cilok agar konsumen yang mengkonsumsi memiliki rasa puas, dan juga berfikir bahwa antara harga dan yang dibelinya itu seimbang kualitas dan kuantitasnya. Dari segi diferensiasi pelayanan sebagai pedagang cilok yang memiliki kualitas baik kita harus menyenangkan hati konsumen dengan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya. Dari segi diferensiasi saluran kita harus lebih pintar dalam mendistribusikan produk cilok kita apalagi jika menggunakan sistem online. Dari segi diferensiasi citra, suatu produk kita harus memiliki ciri khas tersendiri atau dengan kata lain memiliki lambang yang tidak disamai oleh pedagang cilok yang lain.
 


















E.     LAMPIRAN

1)      Bukti Jawaban Wawancara





























2)      Bukti Foto

    












SUMBER REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Cilok. Diakses 19 Maret 2017.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Penilaian Kinerja

Makalah Motivasi Kerja